Langsung ke konten utama

ONLINE SHOP DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

ONLINE SHOP DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

DISUSUN OLEH:
DWI HARTADI SUSETYO DEWANTO (12118096)
EXA TOFANI (12118330)
KHALIFIA MUTIARA ANDIARINI (13118666)
MUHAMMAD ABDAN SYAKURO (14118411)



1.1 Latar Belakang
       Di masa ini, dijaman yang modern dan di jaman digital seperti sekarang ini, dimana internet sedang maju dengan pesat pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia. Hal ini juga memberikan dampak pada pola hidup manusia sekarang ini, termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini
ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop.
        Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu, tas, komputer dan aksesorisnya, kosmetik sampai dengan perhiasan dan mobil, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.
       Didukung dengan penggunaan internet yang semakin mudah dan murah,erta di dukung dengan meningkatnya produktivitas Home Industry, usaha jual-beli ini di anggap sangat menjanjikan.
Online Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak
membutuhkan modal yang besar. Cukup hanya dengan website toko kita, foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan.


1.2 Rumusan Masalah
  1. Apa pengertian Online Shop? 
  2. Apa kelebihan online shop? 
  3. Apa kekurangan Online Shop? 
  4. Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online? 
  5. Apa Saja Hal yang Perlu Diketahui dan Dipelajari dalam Bisnis Online?

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengertian online shop, kelebihan serta kekurangannya, dan cara memulai bisnis online.



1.4 Metode Penulisan
Metode penyusunan penulisan ini menggunakan media internet


1.5 Manfaat
Dapat menambah ilmu dan pengetahuan penulis terhadap bagaimana cara memulai bisnis di kalangan masyarakat. Dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagaimana cara memulai bisnis di kalangan masyarakat bagi pembaca dan orang-orang sekitarnya.


2.1 Pengertian Online Shop
       Menurut Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall (Didit Agus Irwantoko,2012). Maksudnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
       Hasil survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dariseluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop. Diperkirakan 80% dari transaksi online tersebut ternyata dilakukan oleh bisnis online berskala Mikro Kecil (UMK). Omzet dari bisnisonline berskala UMK ini mulai dari 2juta per bulan, hingga puluhan juta per bulan,namun karena jumlahnya sangat banyak, maka omzet keseluruhan UMK online mampu mencapai 80% dari keseluruhan transaksi online. (Bonafide Logo, 2012) Survey yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012.

       Laporan untuk kawasan Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—jugadilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373 responden dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).
       Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000 an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana.Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.
       Pada awal kemunculannya di Indonesia, berbelanja online hanya di gunakan oleh masyarakat dari kalangan atas, karena berbelanja online membutuhkan komputer, jaringan internet, dan kartu debet untuk melakukan transaksi jual/beli tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, dikarenakan oleh faktor kenyamanan dan kecepatan, sekarang mulai dari ibu-ibu pejabat, sampai mahasiswa/mahasiswi banyak yg memanfaatkan berbelanja dengan online.

2.2 Kelebihan Online Shop
       Bisnis Online yang mulai menjamur ini di anggap menjanjikan bagi beberapa pihak. Keuntungan yang di hasilkan juga tak patut di pertanyakan lagi. Tak perlu bermodal ‘toko’ secara fisik untuk mempromosikan barang yang di jual, kita dapat mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya di pajang di website atau ‘toko virtual’ milik kita melalui internet.
       Tak hanya memiliki kelebihan dalam segi kemudahan saja, dimana kita tingal meng ‘klik’ saja, menurut Iqbal Maulana, 2012, 7 alasan orang lebih memilih melakukan belanja online atau online shop antara lain :

  1. Hemat Tenaga
    Belanja secara online juga dapat menghemat tenaga. Anda tak perlu repot
    mengantre di kasir pembayaran. Belum lagi jika toko yang dikunjungi ramai pembeli, Anda juga akan menunggu untuk dilayani oleh penjaga toko tersebut. Sedangkan jika belanja melalui online, Anda bisa 'melayani diri sendiri' dengan cepat tanpa harus menunggu waktu lama.
     
  2. Mengurangi Rasa Lelah
    Untuk pergi ke mal Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk naik angkutan
    umum atau mengendarai kendaraan pribadi. Apabila Anda berbelanja secara online, Anda bisa berbelanja sambil duduk-duduk santai atau tiduran di atas tempat tidur. Bisa juga sambil menonton tv.
     
  3. Tidak Repot
    Jika memang ingin berbelanja banyak, Anda tak perlu repot membawa
    kantong belanjaan yang menumpuk. Karena jika berbelanja melalui online, Anda hanya tinggal menunggubarang-barang yang dibeli dikirim ke rumah.
     
  4. Mudah Membandingkan Harga
    Daripada menyusuri mal dari satu toko ke toko lainnya hanya untuk
    membandingkan harga baju yang diincar, lebih baik Anda membandingkannya melalui online shopping. Umumnya situs online shopping menjual barang yang sama dengan situs onle shopping lainnya, namun harganya bisa saja berbeda.
     
  5. Tidak bertatap muka.
    Belanja online juga memang di lakukan melalui internet , banyak orang
    yang memang mencari online shop agar tidak bertatap muka kepada penjualnya, salah satunya faktor malu , semisal saja Anda ingin membelikan istri Anda lingerie, pasti Anda malu jika harus masuk ke yang jual lingerie di pusat perbelanjaan bukan ?
     
  6. Hemat Waktu
    Belanja online juga dapat menghemat waktu Anda tanpa harus macet-
    macetan di jalan. Tentu saja Anda bisa berbelanja hanya dengan waktu beberapa menit. Sehingga waktu tak banyak terbuang dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.
     
  7. Nyaman
    Kenyamanan juga menjadi salah satu faktor mengapa lebih baik belanja
    secara online. Anda bisa berbelanja kapan saja sesuka Anda, meskipun tengah malam sekalipun.




 
2.3 Kekurangan Online Shop
       Ada juga sebagian masyarakat yg masih takut untuk melakukan belanja secara online. Sebagian orang takut untuk membeli barang secara online karena menganggap barang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung.

       Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu.
       Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim. Walaupun masih banyak orang yang masih ragu dengan berbelanja online (online shop), tetapi karena alasan kenyamanan, mereka yang memutuskan untuk mencoba belanja online bertambah sangat cepat. 
       Terlihat dari banyaknya toko online di jejaring social media seperti facebook dan twitter.

2.4 Cara Memulai Bisnis Online
       Kebanyakan mahasiswa Indonesia masih enggan menggeluti bisnis usaha. Padahal, melakukan usaha bisnis semenjak kuliah merupakan cara kreatif dan cerdas untuk mempersiapkan diri setelah kelak menjadi seorang sarjana.

       Kebanyakan mahasiswa tanah air lebih suka mencari lowongan pekerjaan setelah usai kuliah dibanding dengan melakukan kegiatan wirausaha. Beruntung bila yang bersangkutan memiliki skill dan kemampuan akademis yang bagus, pekerjaan dengan mudah akan diperoleh. 
       Namun, jika tidak, para sarjana hanya akan terkatung-katung dengan masa tunggu dalam menemukan pekerjaan yang diinginkannya. Oleh karena itu, menjadi pebisnis sejak dini merupakan cara pintar orang-orang sukses.
     Cara memasarkan bisnis nya bagi para kalangan mahasiswa itu tidaklah sulit. Pemasaran online saat ini cukup banyak dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan sebuah jasa atau produk usaha. Pemasaran online dipercaya cukup ampuh dan lebih berefek hasilnya untuk saat ini dibandingkan dengan pemasaran di dunia nyata.
      Dunia online atau dunia internet merupakan ruang global yang memungkinkan siapa saja bisa masuk ke dalamnya, tanpa harus terhambat oleh batasan ruang dan waktu. Karena saat ini orang bisa mengakses internet kapan saja dan di mana saja. 
       Peluang inilah yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, seperti para mahasiswa, yaitu dengan cara melakukan pemasaran online yang intensif. Saat ini hampir semua perusahaan yang ada di dunia nyata juga menjelma di dunia maya. 
       Hal ini sebagai tuntutan perluasan ruang kehidupan manusia yang mulai mendominasi dunia maya. Pemasaran online merupakan bentuk pemasaran yang dilakukan di internet dunia maya dengan berbagai cara dan strategi yang bisa mendatangkan konsumen tanpa batasan tempat dan waktu. 
       Ruang global akan memberi kesempatan yang lebih luas pada upaya pemasaran yang Kita lakukan. 
Bagaimana caranya agar pemasaran online yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan maksimal? Perlu dilakukan berbagai bentuk strategi yang hasilnya akan meningkatkan penjualan secara lebih drastis. 
       Strategi pemasaran online juga membutuhkan kreativitas dan inovasi agar orang tidak jemu dengan gaya berjualan yang monoton. 
Untuk lebih jelasnya, berikut ini diberikan beberapa strategi pemasaran online yang bisa dijalankan. :
 
1.) Memiliki e-mail, baik yahoo, gmail atau lainnya

      E-mail adalah surat elektronik yang berguna untuk komunikasi sebagai perantara pesan. kita, serta syarat untuk memiliki atau membuat akun lainnya.
 
2) Miliki sebuah web atau blog
       Hal ini penting sebagai alat promosi atau pengenalan produk atau jasa yang kita jual, dan banyak lagi hal yang bisa kita maksimalkan dari web atau blog itu sendiri.
 
3) Beriklan
       Iklan adalah senjata ampuh mencari pelanggan dengan iklan tersebut calon pelanggan akan tahu tentang apa yang kita promosikan dan tentunya iklan yang memiliki daya tarik yang menggerakkan calong pelanggan ada rasa penasaran ingin mengetahui.
 
4) Maksimalkan yang kita miliki
       Memanfaatkan akun jejaring sosial kita seperti facebook, twitter, google plus sebagai tempat share melihat dari masyarakat kita yang lebih suka bermain dengan facebook dan twitter sebagai pengisi waktu luang dan menghabiskan waktu.
 
5) Tentukan segera jenis barang bisnis atau layanan jasa yang akan Anda jual
       Ada banyak produk yang cocok dijual di internet seperti buku, aksesoris, pakaian, elektronik atau berupa layanan jasa seperti jasa desain, jasa penulisan, jasa pembuatan website atau blog dan lain sebagainya. Tentukan dahulu apa yang menjadi tujuan produk atau jasa bisnis Anda.

6) Segera bangun toko online baik melalui jejaring sosial, blog ataupun website toko online
      Contoh website dan social media yang biasa dipergunakan untuk berbisnis:

  • Kaskus.co.id 
  • Tokobagus.com 
  • Berniaga.com 
  • Facebook.com
  • Twitter.com 
  • Instagram.com 
  • Blogger.com
7) Lakukan promosi online yang gencar
       Kesuksesan sebuah bisnis sangat ditentukan dari seberapa besar usaha marketing yang telah dilakukan. Demikian juga dengan peluang bisnis online yang Anda garap.

       Bisnis online menuntut Anda melakukan upaya-upaya marketing yang kreatif dan unik sehingga membuat para pengguna internet tertarik untuk melihat produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.
 
8) Perpaduan pemasaran online dan pemasaran dunia nyata
       Jika mulai tertarik untuk merambah ke pemasaran online, sebaiknya jangan pernah tinggalkan marketing di dunia nyata. Kombinasikan dan jalankan kedua-duanya sehingga hasil yang diperoleh akan lebih maksimal. 

       Pasar dunia nyata juga memiliki prospek yang sangat baik, dengan cara menjalankan keduanya secara bersamaan, artinya ada dua peluang yang sudah dilakukan. 
Hasilnya, produk pun akan semakin banyak dikenal orang.
 
9) Memperbanyak relasi jaringan di dunia maya
       Sebelum yakin dengan pilihan pemasaran online, pastikan memang memiliki jaringan yang cukup kuat di dunia maya. Misalnya memiliki beberapa akun jejaring sosial yang memiliki jumlah teman yang sudah penuh, memiliki akses website yang mudah ditemukan oleh para pengguna internet dan sebagainya. 

       Kita juga bisa memanfaatkan fasilitas email untuk mempromisikan berbagai produk bisnis. Namun, juga perlu memerhatikan etika dalam menjalankan pemasaran online, misalnya dengan tidak melakukan spaming.
 
10) Menjaga kredibilitas perusahaan di dunia maya
       Dunia maya atau dunia online merupakan dunia yang rentan dengan kasus-kasus penipuan. Banyak orang malas dan tidak berminat membeli sebuah produk bisnis melalui internet dengan alasan takut dengan berbagai kasus penipuan. Inilah permasalahan utama dalam pemasaran online. 

       Maka, kita perlu mengatasinya dengan menjaga kredibilitas perusahaan yang dimiliki. Caranya adalah dengan menunjukkan eksistensi dan identitas yang jujur dan transparan kepada pelanggan.
Mungkin banyak diantara mahasiswa yang enggan menjalankan bisnis, artinya kita juga harus sudah siap menghadapi berbagai risiko bisnis.
 
11) Jujur
       Modal akhir senjata ampuh untuk sukses adalah jujur, kita tidak melakukan pembohongan terhadap pelanggan kita, dan jasa atau produk yang kita jual benar dan baik adanya. Aktivitas apapun yang kita jalankan sebenarnya memiliki risiko, terlebih lagi untuk sebuah usaha yang dijalankan dalam upaya mewujudkan sebuah kesuksesan dalam hidup. 

       Bisnis adalah pekerjaan penuh risiko, inilah yang menjadi alasan utama orang-orang yang enggan menekuni dunia bisnis. Bisnis adalah pekara untung-untungan yang penuh dengan risiko. Risiko bisnis yang paling parah adalah saat kita mengalami gulung tikar atau bangkrut. 
       Kebangkrutan biasanya juga sebanding dengan skala usaha yang kita jalankan. Kebangkrutan yang dialami oleh seorang pengusaha besar bahkan bisa menyebabkan orang yang bersangkutan  mengalami depresi dan tekanan mental. 
       Risiko bisnis terkadang juga berujung kepada intimidasi, teror dan kematian, ini salah satu bentuk risiko bisnis yang paling mengerikan.
Melihat berbagai bentuk risiko bisnis di atas, apakah kita akan takut dalam menjalankan sebuah bisnis usaha? 

       Yang paling diperlukan adalah bagaimana upaya dan strategi yang harus kita lakukan untuk menghadapi berbagai risiko bisnis tersebut.
Berikut ini diberikan berbagai cara dan langkah yang bisa kita lakukan untuk menghadapi berbagai risiko bisnis yang mungkin akan muncul:

  • Bersabar dan memahami bahwa tak ada aktivitas tanpa risiko, tak ada kesuksesan tanpa adanya pengorbanan dan perjuangan.
           Sukses adalah perkara yang tidak bisa didapatkan secara instan, sukses membutuhkan proses. Di dalam proses yang kita jalani, sudah pasti di dalamnya akan banyak sekali terjadi hambatan, tantangan dan risiko yang akan mengganggu komitmen kita dalam menjalankan sebuah bisnis usaha.
           Maka sikap sabar harus senantiasa dilekatkan pada jiwa-jiwa para pengusaha yang ingin agar usaha mereka itu sukses. Risiko bisnis yang bisa muncul untuk menguji kesabaran biasanya adalah keuntungan yang kecil atau bahkan kita harus minus, dilecehkan para pelanggan, kurangnya jumlah modal yang kita miliki, banyak orang merasa iri dan tersaingi oleh kita dan sebagainya.
           Maka, kita harus bijak dan sabar. Mengelola emosional adalah cara yang paling tepat untuk menjaga kualitas kesabaran yang kita miliki.

     
  • Mempersiapkan berbagai alternatif sebelum risiko bisnis itu datang.
           Sebelum risiko Bisnis datang misalnya sebuah kebangkrutan, maka kita perlu memiliki langkah alternatif yang harus bisa kita wujudkan.
           Misalnya kita udah mampu memprediksikan bahwa bisnis warnet yang kita kelola akan mengalami kebangkrutan karena semakin mudahnya akses internet di rumah, maka kita sudah bisa mempersiapkan langkah lain, yakni dengan mengalihkan bisnis kita ke dalam bentuk bisnis lainnya yang lebih prospek untuk saat itu di tempat kita menjalankan usaha bisnis.
     
  • Membangun hubungan yang baik dengan semua orang adalah cara terbaik untuk menghadapi risiko bisnis berupa rasa iri dan kebencian orang lain.
           Jangan sombong menjadi pengusaha yang hebat, sebaliknya semakin hebat kita maka selayaknya kita semakin ramah dan baik pada semua orang.
           Sikap kita yang baik akan menghindarkan kita dari banyaknya jumlah musuh. Ingat bahwa pasti ada orang yang iri dengan usaha bisnis yang kita jalani, bahkan mungkin mereka bisa melakukan tindakan kriminal atau mistik untuk menghancurkan usaha bisnis yang kita miliki.
           Namun, hal tersebut bisa dicegah atau dikurangi apabila kita bersikap baik kepada semua orang, atau pihak-pihak yang membenci kita. Menjadikan rival sebagai mitra adalah cara yang cerdas.

 

2.5 Hal-hal yang Perlu Diketahui dan Dipelajari dalam Bisnis Online
 
1. Pemasaran Melalui Media Internet

       Kita akan belajar teknik pemasaran melalui media internet, yang lebih banyak mendatangkan calon pembeli,orang lain berinvestasi di website(masang iklan)
 
2. Melakukan Market Riset
       Pelajaran untuk mengetahui dan mempelajari potensi kategori bisnis online yang akan kita jalankan, apakah nantinya akan menguntungkan atau tidak, bisa dilihat melalui teknik market riset ini, bila terlihat kurang menguntungkan, tidak perlu dijalankan dan cari potensi kategori bisnis online lainnya
 
3. Menentukan Keyword Market Bisnis
       Dalam memasarkan produk di internet baik produk sendiri maupun produk affiliasi, kita perlu mengetahui keyword market bisnis untuk produk yang akan kita pasarkan, kita harus cermat dalam menentukan keyword market bisnis,Sehingga tidak cuman Banyak pendatang tapi tidak ada pembeli.
 
4. Mengecek Tingkat Persaingan dan Mempelajari Pesaing
       Sebagai pemain baru, kita perlu mengetahui siapa sebenarnya pesaing kita di internet yang sudah lebih dulu ada, apa keunggulan pesaing kita dan bagaimana agar bisa unggul bersaing dengannya, Jadi kita harus pintar – pintar dalam mempromosikan produk kita.

       Dan banyak – banyaklah meminta kritik dan saran pada konsumen,Dari situlah Kita bisa membangun lebih baik produk yang kita pasarkan.
 
5. Membuat Blog Gratis Untuk Memasarkan Jasa kita

      Ada 2 pilihan dalam membuat blog dengan domain dan hosting sendiri maupun dengan blog gratis.
 
6. Memasarkan Produk Affiliasi

       Bila tidak punya produk, kita bisa memasarkan produk affiliasi untuk menciptakan penghasilan online, kita akan diajarkan cara pemasaran produk affiliasi ada 2 yaitu fokus untuk pemasaran 1 produk affiliasi dan satu lagi untuk pemasaran banyak produk affiliasi
 
7. Membuat Website Komunitas
       Kita akan diberikan cara membuat website komunitas, dimana membuat website komunitas tujuan utamanya untuk mendapatkan penghasilan online dari sponsor iklan dan program affiliasi
 
8. Internet Marketing
       Kita harus akan belajar 2 teknik internet marketing yang powerful yaitu search engine marketing dan community marketing, dalam pemasaran melalui internet, teknik ini yang paling baik untuk mendatangkan sales.
 


3.1 Kesimpulan
Belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet.
       Tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
       Tetapi, barang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih jelasnya mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.

       Saat ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar besaran, komentar komentar positif yang tertera pada toko online tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya



 
3.2 Saran

Apa bila ingin melakukan bisnis online ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan pada saat memulainya yang paling penting itu adalah mempunyai E-mail karena sangat berguna untuk berkomunikasi dan bertransaksi dengan pelanggan atau konsumen yang ingin memesan barang dagangan nanti. Berikutnya kita harus menentukan jenis barang bisnis apa yang ingin di jual pada konsumen, lalu harus mempunyai banyak relasi jaringan di dunia maya, jangan lupa untuk beriklan, melakukan promosi online secara gencar, menjalin hubungan yang baik terhadap konsumen dan yang terakhir dan yang paling penting adalah jujur dalam berdagang.


Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA DAN PENDERITAAN

MAKALAH MANUSIA DAN PENDERITAAN DISUSUN OLEH: GABRIEL J.E RATU                                (12118838) MUHAMMAD ABDAN SYAKURO          (14118411) MUHAMMAD NABIL RAMADHAN        (14118767) WILDAN MURSYID ANWARI                  (17118339) Kelas : 1KA16 FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS GUNADARMA DEPOK 2018 Kata pengantar Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah ini bisa selesai pada waktunya. Terima kasih juga kami ucapkan kepada teman-teman yang telah berkontribusi dengan memberikan ide-idenya sehingga makalah ini bisa disusun dengan baik dan rapi. Kami berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan para pembaca. Namun terlepas dari itu, kami memahami bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga ka

PENDUDUK, MASYARAKAT, KEBUDAYAAN

A.      Pertumbuhan Penduduk Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu faktor yang penting dalam masalah sosial, dalam ekonomi umumnya dan masalah penduduk khususnya. Apabila pertambahan penduduk tidak dapat diimbangi dengan pertambahan fasilitas, akan sangat berpengaruh terhadap ekonomi daerah atau negara bahkan dunia. Misalnya, akan bertambah tingginya angka pengangguran, semakin bertingkat nya angka kemiskinan. Perkembangan jumlah penduduk dunia sejak tahun 1830 sampai sekarang dan perkiraan sampai tahun 2006 adalah sebagai berikut : Perkembangan Penduduk Dunia Tahun 1830 - 2006 Tahun Jumlah Penduduk Perkembangan per-tahun 1830 1930 1960 1975 1987 1996 2006 1 milyard 2 milyard 3 milyard 4 milyard 5 milyard 6 milyard 7 milyard - 1% 1,7% 2,2% 2% 2% 2%              Jika dilihat dari tabel di atas, pertumbuhan penduduk sangat cepat. Penggandaan penduduk (double population) jangka waktunya makin singkat. Bertambah cepatnya pe

INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT

     1.  PERTUMBUHAN INDIVIDU A.      Pengertian Individu “Individu” berasal dari kata latin, “individum” artinya “yang tak terbagi”. Jadi, merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Dalam ilmu sosial, individu menekankan penyelidikan kepada kenayataan-kenayataan hidup yang istimewa yang tak seberapa mempengaruhi kehidupan manusia. Sifat dan fungsi orang-orang di sekitar kita adalah mahluk-mahluk yang agak berdiri sendiri, dalam berbagai hal bersama-sama satu sama lain. Dalam hal lain banyak pula perbedaannya. Sejenis tapi tak sama, makin tua semakin maju dan semakin banyak bermacam-macam tingkat peradabannya. Timbulnya diferensasi bukan hanya pembawaan, tetapi melalui kaitan dengan dunia yang telah mempunyai sejarah dengan peradabannya. Hal ini memberikan keuntungan rohani bagi individu seperti bahasa, agama, adat istiadat dan kebiasaan. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa individu